Tanya Jawab seputar Bahasa Inggris bagi Pilot

Tidak ada yang menolak jika dianugerahkan profesi sekelas pilot. Bukan begitu? Pertama, prestisius di mata masyarakat karena penghasilannya yang tinggi. Kedua, negara-negara di dunia seperti tiada batas. Ketiga, dapat jatah tiket perjalanan untuk pribadi dan keluarga per tahun. Sayangnya, jadi pilot itu tidak ada yang gratis dan tidak juga murah. Selain harus berkorban waktu, harus pula berkorban dana yang jumlahnya tidak sedikit untuk mendapatkan pendidikan di sekolah penerbangan. Untuk sekolah penerbangan swasta besarnya rata-rata IDR 600 juta Rupiah.

Di samping itu juga harus memiliki kondisi fisik yang ideal (dengan tinggi minimal 170 cm untuk pria dan 165 cm untuk wanita) dan kesehatan yang oke (tidak menjadi pecandu narkoba, pengguna minuman keras, dan terbebas dari penyakit). Kemampuan bahasa Inggris juga penting dimiliki untuk menjadi pilot. Seberapa pentingnya bahasa Inggris bagi pilot? Bagaimana cara efektif belajar bahasa Inggris untuk jadi pilot? Mari kita bahas lebih lanjut di bawah ini!

Seberapa pentingnya bahasa Inggris bagi pilot?

Kemampuan dalam matematika dan fisika memang penting, tapi jauh lebih penting jika pilot mampu dalam bahasa Inggris. Bahkan bisa dibilang suatu keharusan seorang pilot bisa bahasa Inggris. Berikut beberapa alasannya:

  • Buku panduan penerbangan di sekolah pilot menggunakan bahasa Inggris. Buku panduan penerbangan di sekolah pilot hampir semuanya diterbitkan oleh penerbit luar negeri yang pastinya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Kalau tidak bisa bahasa Inggris, bagaimana bisa memahami maksud dari buku panduan penerbangan tersebut.
  • Instrumen di kokpit pesawat pun menggunakan bahasa Inggris. Instrumen-instrumen di kokpit pesawat seperti Air Speed Indicator (untuk mengetahui kecepatan pesawat relatif), Altimeter (untuk mengetahui ketinggian pesawat), Artificial Horizon (untuk mengetahui posisi pesawat saat terbang), Magnetic Compass (untuk menunjukkan arah terbang pesawat), dll semuanya menggunakan bahasa Inggris.
  • Komunikasi pilot dengan ATC (Air Traffic Controller) juga wajib menggunakan bahasa Inggris. Seorang pilot harus terus melakukan komunikasi dengan pihak ATC. Tujuannya untuk mencapai keselamatan penerbangan. ATC bakal memberikan arahan saat akan melakukan penerbangan, bilamana terjadi masalah di udara, atau landing.

Bagaimana cara efektif belajar bahasa Inggris untuk jadi pilot?

Atas dasar inilah ketika masuk ke sekolah penerbangan (syarat dasar yang harus dipenuhi untuk menjadi pilot) harus punya kemampuan bahasa Inggris selain harus punya tubuh yang ideal, kondisi kesehatan yang prima, serta modal yang cukup. Apakah ini berarti yang tidak bisa bahasa Inggris tidak bisa masuk ke sekolah penerbangan dan menjadi pilot? Jawabannya tidak. Mereka dengan kemampuan bahasa Inggris masih bisa masuk ke sekolah penerbangan untuk jadi pilot. Dengan catatan, mereka harus terlebih dahulu menyukai bahasa Inggris selanjutnya mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Kalau sudah bisa, baru mendaftar di sekolah penerbangan. Adakah cara efektif untuk belajar bahasa Inggris?

  • Setiap harinya, kosakata antara 5 sampai dengan 10 harus hafal. Semakin banyak kosakata yang dihafal, akan semakin mudah untuk berkomunikasi bahasa Inggris.
  • Pahami grammar bahasa Inggris. Penyusunan kalimat dalam bahasa Inggris tidak boleh asal-asalan, sudah ada aturan dalam penyusunannya atau disebut grammar. Bentuk grammar bahasa Inggris yakni present tense, present continuous tense, simple present tense, pas tense, & past continuous tense. Kalau dalam bahasa Indonesia, grammar sendiri disebut dengan SPOK (Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan).
  • Perbanyak mendengarkan lagu atau menonton film bahasa Inggris. Semakin sering mendengakan lagi atau menonton film bahasa Inggris, diharapkan agar lebih memahami bagaimana cara pengucapan kosakata bahasa Inggris dengan benar.

About Fikri

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *